Pentingnya Inovasi Dalam Perencanaan Dan Pengembangan Bisnis

Authors

  • Andika Adam Firdaus universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Cecilia Putri Oktaviani Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Muhammad Akbar Hidayatullah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Shariati Puspitarini Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Sonja Andarini Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • 6Indah Respati Kusumasari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Keywords:

Inovasi, Pengembangan, Bisnis

Abstract

Inovasi dalam perencanaan dan pengembangan bisnis merupakan suatu hal yang penting untuk meningkatkan kompetitivitas dan kinerja bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen inovasi, serta menentukan dampak inovasi terhadap kinerja bisnis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang mempengaruhi manajemen inovasi adalah new knowledge, sedangkan faktor process need adalah yang perlu mendapat perhatian khusus karena memberi sumbangan negatif terhadap tingkat pendapatan. Perusahaan yang berinovasi selalu berkembang dan memiliki keunggulan dalam mempertahankan posisi di pasar.

Dalam memimpin dan mengembangkan sebuah perusahaan, peranan pemimpin sangat dibutuhkan untuk terus memotivasi karyawan untuk berinovasi. Perusahaan juga harus selalu update terhadap perkembangan informasi, menjalin kerja-sama dengan pihak akademis dan pemerintah, serta mandiri dalam menjalankan usaha. Inovasi produk dan proses merupakan dampak dari perubahan teknologi yang cepat dan variasi produk yang tinggi akan menentukan kinerja organisasi. Inovasi yang tinggi akan meningkatkan kemampuan organisasi dan membantu meningkatkan daya saing dalam kompetisi global.

Downloads

Published

2024-04-12